Selasa, 22 Oktober 2013

Transformasi PLN! Apresiasi dukungan moril untuk “PLN Bersih”



Kehadiran PLN bukanlah hal yang baru lagi masyarakat kita, namun justru kehadirannya sangat dinanti oleh seluruh penduduk negeri ini. Kehadirannya hingga saat ini telah mencapai 68 tahun. Mari kita lihat tahapan perubahan dari perusahaan BUMN ini.

Melihat sejarah.
Kehadiran Badan usaha milik negara ini memang sangatlah unik. Dalam sejarahnya maka secara bertahap PLN hadir dalam bentuk yg berbeda seperti saat ini. Seperti yang dikutip dalam sebuah sumber di Wikipedia.org bahwa sejarah hadirnya PLN yaitu di mulai di akhir abad ke-19 dengan nama NIGM dimana sebagai penggerak berdirinya perusahaan ini yaitu dari perusahan swasta belanda bernama NV. Bekermbang dari hanya usaha kelistrikan maka sumber daya alam lainnya yg berasal dari negeri ini pun diolah yaitu gas, dan pengolahannya pun dipegang oleh perusahaan swasta lainnya.
Beriring dgn lantangnya proklamasi yg di suarakan oleh Presiden RI-1 Bapak Soekarno dan wakilnya Bapak Hatta tgl 17 agustus 1945, perusahaan ini beralih ke tangan-tangan perkasa pemuda dan pemudi negeri ini yg sebelumnya dikuasai oleh penjajahan jepang. Dan ini juga merupakan awal tranformasi PLN menjadi perusahan yg dimiliki penuh oleh negara republik Indonesia. Selang 3 bulan kemudian bertepatan 27 oktober 1945 maka nama perusahaan listrik ini berubah nama menjadi Perusahaan Jawatan Listrik dan Gas oleh Presiden RI Bpk. Soekarno dengan kemampuan listrik yg dihasilkan saat itu hanya 157,5 MW. (sumber www. Wikipedia.org).
 Tahapan tranformasi PLN belumlah usai, karena perjuangan sesungguhnya adalah saat setelah kemerdekaan. Secara bertahap perubahan PLN terjadi, dari tahun 1972-1992 perusahaan ini silih berganti pengaturan perusahaan. Hingga Juni 1994 pemerintah menetapkan bahwa PLN menjadi perusahaan perseroan (Persero).
 Memang tak dapat di pungkiri bahwa kehadiran PLN di negeri ini bukanlah sebuah perusahaan yg benar-benar bersih dari ketidaksempurnaan, cacat dan celah telah menghampiri di perusahaan BUMN ini. Tentunya ketidaksempurnaan ini bukanlah sebuah kesempatan bagi orang yg disekitarnya utk memanfaatkan nilai yg sesaat sehingga mengorbankan banyak kepentingan rakyat banyak. Perusahaan ini hadir bukan dengan sulap atau dia besar dengan cara yg culas, tapi bilamana kita melihat sejarah perjuangan para pendahulu negeri, seharusnyalah perusahaan ini di pegang oleh orang yang amanah dan jujur.
Sebagai masyarakat yg juga merasakan manfaat besar dari hadinya PLN, tentunya wujud apresiasi serta kritik positif yg membangun harus senantiasa terlontarkan. 


PLN dan Pak Dahlan iskan
Saat masa keterbukaan PLN sebagai perusahaan yg dapat dirasakan oleh seluruh negeri ini, terlihat saat berada pada kepemimpinan pak Dahlan Iskan. Ada kata-kata yg sangat arif yg beliau lontarkan saat pertama kali berada di BUMN ini, beliau mengatakan bahwa di BUMN ini terdapat banyak orang pintar dan beliau adalah orang bodoh yg ada di BUMN ini. Sederhana namun sangat mengena bagi seluruh kalangan yg ada di BUMN PLN. Kata ini seperti hendak menyentak fikiran awam yg ada, serta merubah secara mendasar dalam cara berfikir dan memutuskan. Rakyat saat ini hanya perlu penyederhaan kata agar dapat mudah mengerti dan memahami, yg mereka tahu bahwa PLN itu ya “Listrik”. Bila Lampu rumah menyala maka PLN ada, tapi bila lampu rumah padam PLN nya pada kemana nih!.
Pada masa kepemimpinan beliau, banyak hal yang berubah khususnya segi pemberesan di lingkup BUMN PLN ini. Tidak tanggung-tangung beliau melakukan langkah strategi “menelanjangi” PLN sebagai langkah untuk melakukan pembersihan di tubuh PLN.Hal ini merupakan sikap positif untuk memberesi PLN dari sarang Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Beliau merasa bahwa masyarakat saat ini sudah menilai PLN dgn cerdas, untuk itu perubahan yang dilakukan bukanlah sifat yang biasa-biasa saja harus diluar kebiasaan. Strategi menelanjangi PLN yaitu dgn menjalin hubungan dengan badan-badan audit seperti KPK, BPKP, LKPP dan BPK. Artinya kondisi PLN ini bisa dipastikan dalam pengawasan penuh dari tim audit. Langkah ini sebagai wujud komitmen PLN dalam mendeklarasikan sebagai BUMN yg bebas dari segala bentuk pelanggaran Negara seperti korupsi, kolusi dan nepotisme.
Bentuk komitmen dan apresiasi pak dahlan beliau terlihat dalam sebuah puisi berjudul “ PLN TERSOROT ”  dlm bentuk poster. dimana poster tersebut dijadikan pajangan diseluruh kantor unit Indonesia.
Catatan serta apresiasi beliu bisa kita lihat dalam situs www.kickdahlan.wordpress.com.

Pak Dahlan memulai dari yg sederhana, saat ini rakyat butuh listrik maka berikan listrik bukan sebaliknya. Filosofi mudah ini memang butuh pengkoreksian mendalam kenapa listrik sering mudah padam!. Bila urusan listrik padam maka urusan lainnya pun turut padam seperti bisnis, tranportasi, ekonomi bahkan juga sampai kepada titik emosional.
Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok, ia tak bisa dipisahkan dari kehidupan ini. Banyangkan Negeri ini tanpa listrik….pasti runyam semuanya.


Semangat Good Corporate Governance (GCG)
Gayung bersambut dilakukan oleh Dirut PLN yang baru yaitu Bpk. Nur pamudji, pria yg lulusan teknik listrik ITB ini kemudian melanjutkan masa setelah kepemimpinan pak Dahlan. Di masa kepemimipinan beliau saat ini PLN semakin diperkuat dgn mengambil langkah untuk mempertajam komitmen dengan menggandeng TII (Transparancy International Indonesia). Dimana saat ini TII akan mengawasi langsung setiap tender lelang yang ditangani PLN. Wow mantap !

Sebagai gambaran bahwa TII (Transparancy International Indonesia) ini adalah sebagai sebuah lembaga yg bergerak dalam memantau transparansi kegiatan di PLN dimana lembaga ini adalah sebuah jaringan global NGO antikorupsi yg mempromosikan transparansi dan akuntabilitas lebih dari 90 chapter lainnya, dan lembaga ini berjuang untuk membangun dunia yang bersih dari praktik dan dampak korupsi di seluruh dunia.
TII memadukan kerja-kerja think-tank dan gerakan sosial. Sebagai think-tank TII melakukan review kebijakan, mendorong reformasi lembaga penegak hukum, dan secara konsisten melakukan pengukuran korupsi melalui Indeks Persepsi Korupsi, Crinis project, dan berbagai publikasi riset lainnya. Di samping itu TII mengembangkan Pakta Integritas sebagai sistem pencegahan korupsi di birokrasi pemerintah.
Sebagai gerakan sosial, TII aktif terlibat dalam berbagai koalisi dan inisiatif gerakan antikorupsi di Indonesia. (sumber www. ti.or.id).
Semoga semangat yang tumbuh dari Good Corporate Governance  ini menjadi kekuatan besar di BUMN PLN ini dimasa depan.

Energi untuk masyarakat cerdas.
Masyarakat bukan hanya menjadi hakim dan menyalahkan PLN saat listrik padam, tapi juga mereka harus tahu dan memposisikan sebagai pemakai yg bijak. Listrik yg masuk kerumah-rumah, kantor-kantor dan perusahaan-perusahaan bukan perkara yg mudah, tentunya rentetan dari kerumitan pengolahan energi air, uap bumi maupun gas merupakan bagian dari kehadiran listrik tersebut. Maka dari itu, sudah saatnya masyarakat kita cerdas dan pintar dalam menggunakan listrik.
Krisis energi di banyak negara besar menjadikan pemakaian sumber energi listrik di tiap rumah maupun perkantoran dan perusahaan dibatasi pemakaiannya, hal ini dikarenakan agar energi listrik bisa dirasakan lebih luas oleh rakyat lainnya. Termasuk di negeri kita, anjuran serta himbauan oleh pemerintah dalam penggunaan listrik sudah sering, namun hal tersebut harus juga diiringi oleh tindakan lebih lanjut oleh PLN seperti pengawasan serta arahan ketiap pengguna listrik. Salah satunya dengan cara memberikan gambaran tentang berhemat pemakaian listrik melewati selebaran saat struk tagihan di berikan ke konsumen. Tentunya hal ini tidak dilakukan hanya sesaat saja, tapi rutin dan konsisten.
saat ini masyarakat yg ada di daerah terpencil semakin terpacu untuk dapat merasakan manfaat listrik, bahkan mereka secara bahu membahu untuk membuat turbin sederhana dengan memanfaatkan energi yg dihasilkan oleh air, angin, matahari maupun uap bumi.
Hal ini membuktikan betapa butuhnya masyarakat akan kehadiran listrik itu sendiri.

PLN saat ini.
Tidak dipungkiri bahwa keluhan pelanggan yg masuk ke PLN hingga saat ini masih terus ada, inilah salah satu dimana masyarakat masih belum merasakan pelayanan dari PLN itu sendiri secara maksimal. Kasus listrik byar-pet serta pemadaman bergilir masih terjadi. Namun juga tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kesalahan bisa terjadi dari pelanggan itu sendiri. Sebagai contoh kasus adalah terjadinya nilai tagihan listrik yg cukup besar untuk sebuah keluarga, tentunya hal ini berdampak negative bagi pemilik rumah terhadap kinerja PLN, namun setelah di klarifikasikan ke pihak PLN ternyata permasalahan yg muncul hanya kesalahan dari petugas yg dating kerumah saat mengambil data meteran PLN, kesalahan ini terjadi karena jauhnya meteran PLN utk dijangkau oleh petugas karena pintu pagar serta posisi meteran yang sulit dijangkau.
Saat ini program listrik pintar telah digalakkan, walaupun masih belum terasa manfaat bagi banyak masyarakat. bahkan dalam hal pemasangannya pun dimudahkan oleh pihak PLN.

dengan memberikan informasi layanan contact center 123, maka masyarakat akan sangat mudah meminta bantuan pemasangan baru listrik pintar ketiap rumah.

Ada kejadian unik yang saya alami secara pribadi yang saat itu terjadi di rumah kontrakan tempat teman kerja saya di bekasi yg memiliki 6 pintu kontrakan dan menggunakan meteran listrik pintar. Untuk mendapatkan listrik maka si pelanggan harus mengisi pulsa token. Kemudian secara bersamaan 4 pintu kontrakan berbunyi alarm nyaring pada meteran listrik yang menunjukkan pulsa listrik atau istilah lainnya token listrik mau habis. Awalnya bagi saya agak mengganggu dengan suara nyaring tsb, namun setelah di beritahu oleh teman saya, saya mengabaikan suara tersebut, Cuma bisa berbisik dalam hati “ apa tidak ada bunyi alarm yg lebih sopan gitu! Brisik amat sih.” Hehehe hanya gurauan, maklum masih awam dengan bunyi alarm tersebut.
Bagi saya, kinerja PLN saat ini sudah baik namun perlu ada peningkatan pelayanan karena masih terjadi pemadaman listrik di rumah yang tiba-tiba saat siang ataupun malam hari. Namun tidak sering hanya sesekali khusunya saat terjadinya angin dan hujan lebat.
Penghematan serta bijak dalam menggunakan energi listrik di masyarakat adalah harus terus di gaungkan, baik perumahan, perkantoran dan perusahaan-perusahaan.
Kekurangan yang tampak saat ini selain kasus pemadaman listrik adalah kerapihan dalam pemasangan kabel yang sering terlihat seperti benang kusut di tiang listrik di jalan-jalan, dan anehnya lagi ada tiang listrik yang ada di posisi jalan raya.
Kasus ini saya contohkan pada jalan swatantra hingga kearah pondok Gede di daerah bekasi. Selain kemacetan yg diakibatkan jalan kurang lebar, serta berhentinya angkutan umum sembarangan maka tiang listrik besi maupun tiang beton banyak yang terpasang menjorok kearah tengah jalan menjadi penambahan keruwetan. Hal ini berdampak pada rawannya terjadi kecelakaan maupun keindahan tata kota. Semoga hal ini menjadi masukan untuk dilakukan perbaikan oleh pihak PLN.

Apresiasi dukungan moril PLN Bersih.
Bravo buat PLN yg terus berubah! memang untuk menjadi lebih baik harus terus dilakukan trobosan baru. Ini bukan sanjungan berlebih, tapi adalah sebuah sikap dukungan moril buat PLN yg mau untuk lebih bersih, baik dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Seperti pepatah “Tak ada gading yg tak retak!” baik itu sebuah intitusi BUMN maupun swasta tentunya kelemahan tetap ada, namun menyadari akan kelemahan dengan membuat diri untuk dikoreksi agar dapat tumbuh besar merupakan langkah besar dari PLN Bersih.

Saya dukung PLN Bersih dan sejuta dukungan buat PLN bersih! Wassalam.

sumber tulisan:
www.pln.co.id
www.kickdahlan.wordpress.com
www.wikipedia.org


1 komentar:

  1. Informasi Kontes SEO untuk para blogger gan.. Ada 4 kontes SEO yang bisa diikuti, tanpa dipungut biaya sama sekali (gratis) dan tidak ada batasan untuk peserta (umur, status, maupun pekerjaan).

    *Kontes seo Rgo Poker www.kontes-seo-rgopoker.net / www.kontes-seo-rgopoker.com. Total hadiah 32.jt
    12 januari 2014 - 12 maret 2014

    *Kontes seo Afa Togel www.kontes-seo-afatogel.com/ Total hadiah 25.jt
    18 januari 2014 - 18 maret 2014

    *Kontes seo Batik Poker www.kontes-seo-batikpoker.com/ Total hadiah 32.jt
    22 januari 2014 - 22 maret 2014

    *Kontes seo Eyang Togel www.kontes-seo-eyangtogel.com/ Total hadiah 25.jt
    26 januari 2014 - 26 maret 2014

    info lebih lengkap masuk aja ke situsnya

    BalasHapus