Rabu, 12 September 2012

Obat biar tidak Pikun? Yuk kita gemar membaca dari sekarang





Gambar: www.assunnahinterkatif.com


Usia menua! rambut beruban! pikun!

Ini pengalaman pribadi yang saya lihat di orang tua saya, saat ini beliau sudah berumur 75th. Subhanalloh sampai saat ini beliau tetap diberikan kesehatan. ada hal yang unik dari bapak saya ini yaitu beliau paling senang membaca.

Dikarenakan hobi membaca ini, sampai saat ini beliau tetap masih ajeg akalnya. maaf! umumnya pada masa usia ini kita sering melihat orang tua yang mengeluh karena sudah pikun dan kondisi fisik yg lemah (sering sakit-sakitan).

Akal, Qolbu dan Jasad adalah anugerah dari Sang pencipta bagi hambanya, salah satu pembeda manusia dgn mahluk lain adalah diberikannya kemampuan akal yaitu sebagai fungsi dalam membedakan baik dan benar. Tentunya peran akal ini tidak terlepas dari Qolbu sbg inti utama penggerak akal.

Imam Al Ghozali pernah menyampaikan dari Rasulullah SAW bahwa dalam diri manusia itu terdapat segumpal daging, yang mana bila ia baik maka baik pulalah seluruh nya. dan manakala ia buruk maka buruklah seluruhnya. dan itu disebut Qolbu.

Prinsip kerja Qolbu layaknya seperti sebuah rumah, dimana terdapat sebuah pintu masuk yg disebut Sudur (Qs. Annas (144): 6) "yu waswisufi sudurrinnas". dan sudur ini bersifat easy come (mudah masuk) apapun infomasi yang di dapat dari panca indera kita baik bersifat positif maupun negatif, baik taat mapun maksiat. Untuk itu Rasulullah mengajarkan pada kita do'a sebagai tameng agar hati tidak cenderung kepada kemaksiatan dgn meminta untuk Qolbu ini senatiasa tetap eksist pada jalur iman (yakin pada Alloh semata).

Fungsi Akal,Qolbu dan Jasad adalah satu perangkat sistem kerja tubuh, dimana ketiga diberikan amanah bagi kita dalam menjaganya jgn sampai disalahgunakan ataupun lalai menggunakannya.

Salah satu kegiatan positif akal adalah dgn Membaca!.
Membaca adalah bagian aktifitas manusia yang sering kita kerjakan, namun itu tentunya dgn membaca yg berkualitas. yg mana fungsi akal sudah sesuai ditempatkan pada jalurnya. arti kata bahan bacaanpun yg dikonsumsi akal adalah nilai positif yg bersifat membangun.

Inilah salah satu makna Alloh memerintahkan kita agar kita meng "iqra" (membaca). selain menambah wawasan keilmuan tentunya dimasa tua nanti bisa terhindar dari pikun (pelupa).

Memang tidak dipungkiri bahwa semakin kita beranjak usia tua maka makin lemah pula fisik kita, salah satunya fungsi akal kita. dalam sebuah analisis bahwa pikun itu bukan diakibatkan oleh masa tua saja, tapi lebih kepada kita tidak mengfungsikan akal dgn sebenarnya. 

Obat yang mujarab agar terhindar dari pikun, dgn kita banyak membaca kalam-kalam ilahi yang terdapat di al-qur'an. Karena selain ayat-ayat suci ini indah didengarkan ternyata dapat sebagai obat penghilang stress dan penuntun kita dalam menggapai hidayah. (baca di www.arrahma.com)

Nah! tidak ada kata terlambat utk membaca! pilih media baca yg membangun secara jasmani maupun rohani kita. yuk segera membaca.....semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar