Selasa, 09 September 2014

Perbaikan lensa fokus kamera Pocket Digital

Apa yang terfikirkan oleh blogger sekalian kalau ternyata data digital berupa Kamera blogger saat mengambil gambar tidak dapat "zooming" atau alias lensa fokus kameranya menyangkut?
yang pasti kamera digital blogger tidak dapat menghasilkan gambar yang bagus dunk! atau blogger nyoba-nyoba perbaiki manual dgn cara meniup pinggiran lensa atau menarik focus lensa keluar agar dapat zooming.

saran saya, coba ikutin langkah berikut:
artikel ini saya dapatkan dari sebuah blogspot yang menguraikan tentang permasalahan spt uraian diatas. sebagai bahan penggunaan perbaikan kamera menggunakan kamera tipe canon powershoot, berikut uraiannya:

catatan: sebelum blogger benar-benar paham tahapan demi tahapan proses uraian dibawah ini, blogger bisa memperhatikan lewat videonya terlebih dahulu, kemudian pahami dan mulai mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini

1. Ganti baterai lama kemera blogger, ada kemungkinan kerusakan zoom focus disebabkan low power dari baterai yang lama. gunakan Rechargeable battery yang baru dan tunggu beberapa saat, kemudian tekan tombol power kamera dan lihat reaksi dari focus lens.

1a. Jika penggantian baterai juga tidak berfungsi, coba tekan tombol power dan menahan tombol Menu. maka lanjutkan dgn tombol Function, Funtion Set atau OK ketika saat kamera ON.

1b. Untuk kamera blogger yang masih dapat menampilkan pada layar LCD, coba gunakan menu pilihan Reset Factory.  sbg contoh pada kamera canon dilakukan dgn cara meneka tombol power dan tombol menu selama 10 detik. terkadang kerusakan focus lens dapat di selesaikan dgn cara mereset kamera.

2. Jika kondisi kamera mati disaat kondisi lensa masih dalam kondisi terbuka, kamera akan menunjukkan pesan lens error atau not start properly ketika saat baterai dipasang. Lepas memory card dan kemudian pasang baterai baru. Saat kamera kembali dihidupkan dgn telah melepaskan memory card maka kamera akan dapat menyala spt semula. hal ini disebakan oleh bahwa kamera telah melakukan reset secara otomatis. kemudian matikan kembali kamera dan masukkan lagi memory card, dan nyalakan kembali tombol power.

3. Jika kondisi langkah kedua tidak menunjukkan hasil baik, maka dapat dilakukan langkah berikutnya yaitu dengan memasangkan kabel Kamera Audio/Video lalu coba nyalakan kembali.
fungsi dari pemasangan kabel ini adalah agar power battery akan lebih fokus pada kamera lensa untuk mendorong keluar, karena dengan menggunakan kabel ini maka layar LCD kamera tidaklah aktif. jika hal ini juga blm maksimal atau belum dapat memperbaiki lensa maka lanjutkan dgn tahapan berikutnya. sbg catatan perbaikan penggunaan kabel tidak di anjurkan pada langkah ke 6, karena akan mengakibatkan kerusakan pada Port AV .


 4. Tempatkan kamera pada meja dgn arah posisi lensa keatas. Kemudian tekan dan tahan tombol Shutter dan disaat bersamaan juga tekan tombol power on. hal ini dimaksudkan agar kamera dapat melakukan autofocus ketika lensa memanjang sehingga dudukan pin guide bagian belakang dapat kembali ke slot.

5. Langkah selanjutnya saat lensa kamerapun tetap tidak terjadi perubahan adalah dengan cara membersihkan pada celah lensa dengan memakai Blow compressor. biasanya blow compressor ini ada yang bentuk botolan. jika tidak ada dapat menggunakan cara lain yaitu meniup dgn hair dryer dgn settingan " no heat" atau juga dapat menggunakan vacuum. lakukan secara hati-hati. hal ini agar partikel kotoran yang menempel pada barrel lensa dapat lepas dan lensa dapat kembali normal.

5a. Hal lainnya pembersihan celah lensa dapat digunakan potongan kertas. lakukan permberishan metode ini secara perlahan dan tidak memasukkan potongan kertas terlalu dalam melebihi 1cm - 1/2 in.

6. Metode lainnya dengan cara melakukan membenturkan pada sisi kamera, pilih pada sisi yang terdapat sisi karet/ bagian yang tidak mudah merusak kamera. lakukan secara perlahan jika diperlukan gunakan alas spt buku atau alas yang tidak terlalu keras untuk membantu. dalam beberapa kasus metode ini dapat berhasil, karena kotoran yang terdapat pada barel lensa dapat terlepas.

6a. Variasi metode lainnya yaitu dengan memukul lensa kamera dengan material lunak spt pulpen atau karet. hal ini dapat dilakukan jika posisi lensa dapat muncul keluar sedikit, lakukan pemukulan tersebut di sekeliling lensa dgn mengarahkan lensa kearah bawah. perbaikan ini adalah untuk kondisi lensa yang sudah keluar namun posisinya tidak penuh karena kendalan dari barrel lensa yang tersangkut oleh debu.

7. dari beberapa uraian variasi diatas, metode yang ke-7 ini bisa dikatakan agak extrim. karena metode ini dilakukan dengan sedikit menggunakan keahlian jari untuk membantu dan menarik sedikit demi sedikit lensa kearah keluar. hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barrel pada lensa kembali pada jalur slotnya sehingga lensa dapat kembali normal. salah satu pertanda barel telah masuk pada slotnya yaitu terdengar bunyi klik. apabila telah terdengar bunyi tersebut maka matikan kamera dan coba ulangi untuk menyalakannya lagi. sebagai tambahan informasi dari posisi slot barel kamera maka dapat melihat gambar dibawah ini.


 apabila keseluruhan langkah diatas blogger sudah lakukan, namun belum mendapatkan hasil maksimal. ada kemungkinan kerusakan bukan hanya disebabkan oleh kotoran debu tapi lebih pada kerusakan spare part.
jika dari para blogger lainnya ada info lainnya mungkin bisa berbagi disini ya.


sumber tulisan ini: 
http://camerarepair.blogspot.com/2007/12/fixing-lens-error-on-digital-camera.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar